PENTINGNYA RETINA DALAM PROSES PENGLIHATAN

Cetak

Retina adalah selaput halus yang melapisi bagian dalam mata belakang. Retina merupakan syaraf yang bersambung dengan otak melalui syaraf kedua atau syaraf optik. Apa yang kita lihat disekitar kita, dihantarkan melalui retina ke otak sehingga kita dapat melihat dan mengerti apa yang di lihat. Jadi retina sangat penting fungsinya dalam proses penglihatan.

Apakah retina perlu diperiksa?

Berbagai cara dan teknik dapat digunakan untuk pemeriksaan retina, yaitu : pemeriksaan dengan Oftamoskop; pemeriksaan dengan Slit Lamp atau lampu celah dengan bantuan lensa khusus; pemeriksaan Fundus Fluoreisein Angiografi (FFA) dengan membuat foto dari bagian belakang mata/dimana sebelumnya disuntikkan suatu zat warna fluoresein; dan pemeriksaan lain seperti tes kemampuan melihat warna, pemeriksaan lapang penglihatan, tes membedakan tingkat cahaya dan lain-lain.

Penyakit apa yang dapat mengenai retina?

Berbagai penyakit dapat mengenai retina antara lain penyakit kencing manis, tekanan darah tinggi, kelainan darah dan kemunduran karena usia lanjut. Pada mata minus tinggi, retina dapat lepas dari dasarnya karena retina berlubang atau robek akibat retina tipis.

Penyakit retina bisa menyebabkan penurunan tajam penglihatan bahkan dapat sampai menyebabkan kebutaan. Pemeriksaan dan pengobatan dapat memperbaiki atau paling tidak menghambat progressivitas berbagai kelainan retina.

Sebaiknya mata diperiksa secara teratur, sejak usia pra sekolah sampai usia lanjut. Hal ini karena retina dapat menyerang berbagai usia.

Apakah gejala-gejala penyakit retina?

Gejala pertama yang dirasakan setiap penderita kelainan retina adalah menurunnya ketajaman penglihatan secara mendadak ataupun perlahan-lahan. Gejala umum lainnya seperti melihat bayangan anda berbagai bentuk melayang yang lebih jelas di tempat terang; melihat kilatan cahaya; melihat awan gelap yang bergerak; melihat bayangan di tengah lapang penglihatan; melihat garis lurus berubah menjadi bengkok; sebagian dari lapang penglihatan tidak jelas.

Untuk menghindari kebutaan akibat penyakit retina, segera periksa mata anda apabila menderita penyakit kencing manis, penyakit darah tinggi dan kelainan darah (anemia); mata berukuran minus tinggi; mempunyai keluhan gejala-gejala penyakit retina; ada riwayat penyakit retina dalam keluarga. Namun, ada baiknya anda tetap melakukan pemeriksaan rutin meskipun tidak memiliki resiko penyakit yang telah disebutkan diatas.

Kesimpulan

Mata adalah milik yang sangat berharga yang harus diperhatikan dan dipelihara, untuk itu pemeriksaan mata secara dini akan dapat menekan penyakit retina pada tahap dini. Berobat pada awal penyakit retina dapat mengurangi resiko kebutaan.

Sumber bacaan :

Brosur Rumah Sakit Mata AINI, Jl. H.R. Rasuna Said, Kuningan, Jakarta-Selatan.

www.rsmataaini.co.id

Komentar

avatar Viyan Pradita
0
 
 
Infonya bermanfaat mas, mengingat sangatkah besar peran mata bagi kita semua, pastinya kita harus bisa menjaganya sebaik2nya. begitu juga untuk semua panca inera kita. :)
Salam kenal masbro :)
B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Nama *
Email (tidak ditampilkan)
URL
Code   
ChronoComments by Joomla Professional Solutions
Kirim Komentar
Batal
avatar mulheres nuas
0
 
 
You are the worst writer
B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Nama *
Email (tidak ditampilkan)
URL
Code   
ChronoComments by Joomla Professional Solutions
Kirim Komentar
Batal
avatar REMIX-7
0
 
 
Ia gan Sudah Jelas Penting,.. Nice Info
B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Nama *
Email (tidak ditampilkan)
URL
Code   
ChronoComments by Joomla Professional Solutions
Kirim Komentar
Batal
avatar misbah
0
 
 
setuju banget,. kita perlu jaga kesehatan mata, karna mata jendela dunia. nice inpoh gan..
B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Nama *
Email (tidak ditampilkan)
URL
Code   
ChronoComments by Joomla Professional Solutions
Kirim Komentar
Batal
avatar Kepri Online
0
 
 
Mata merupakan organ vital manusia...sudah seharusnya kita merawatnya dengan baik yang tentunya membutuhkan ilmu untuk melakukannya. salah satunya mengetahui tentang bagian-bagian sensitif pada mata kita, termasuk retina.

Trims infonya sob..sangat bermanfaat sekali.
B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Nama *
Email (tidak ditampilkan)
URL
Code   
ChronoComments by Joomla Professional Solutions
Kirim Komentar
Batal
avatar Sindhu
0
 
 
Hmm...tapi kalo ada kerusakan pada retina, bisa pake bedah Lasik ga ya?

Nice posting! :D

tulisan-ku nih (masih anget): http://0sprey.wordpress.com/2011/06/30/internet-membua t-kebebasan-men jadi-semakin-ke bablasan/
B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Nama *
Email (tidak ditampilkan)
URL
Code   
ChronoComments by Joomla Professional Solutions
Kirim Komentar
Batal
oh...pantes tetangga saya yang kena darah tinggi malah ikutan rabun..
Alhamdulillah...mata gue masih waras banget...sayang punya masalah pada gigi. Repotnya lagi parno suntikan..dibiarin..nice artikel!
B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Nama *
Email (tidak ditampilkan)
URL
Code   
ChronoComments by Joomla Professional Solutions
Kirim Komentar
Batal
avatar huda2k9
0
 
 
memang gan mata itu merupakan indra yang palin vital, masih kecil sih kurang peduli sama keadaan mata, tapi udah kena mata minus baru sadar betapa pentingnya, rasanya sekarang nyesel bgt gara2 g jaga kondisi mata waktu dulu,,, pengen g mius lagi niyh, ada tips yang pas g ya,,?? klo ke dokter pasti mahal.
B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Nama *
Email (tidak ditampilkan)
URL
Code   
ChronoComments by Joomla Professional Solutions
Kirim Komentar
Batal

makasi mas info pentingnya

Rabu 06 Juli 2011, 15:59
Kirim Balasan
B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Nama *
Email (tidak ditampilkan)
URL
Code   
ChronoComments by Joomla Professional Solutions
Kirim Komentar
Batal
avatar nC
0
 
 
kalo buta warna,, tu ada hubungannya dengan retina jg gak gan? hehe
B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Nama *
Email (tidak ditampilkan)
URL
Code   
ChronoComments by Joomla Professional Solutions
Kirim Komentar
Batal
avatar Farixsantips
0
 
 
Bagus banget sob infonya thans ya sharingnya, tentang retina mata yang lengkap ini :)
B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Nama *
Email (tidak ditampilkan)
URL
Code   
ChronoComments by Joomla Professional Solutions
Kirim Komentar
Batal
avatar apakah ini itu
0
 
 
mau nanya dong sob, kalo misalnya masalah retina itu ngaruh sama mata minus or plus enggak??
B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Nama *
Email (tidak ditampilkan)
URL
Code   
ChronoComments by Joomla Professional Solutions
Kirim Komentar
Batal
Tampilkan/Sembunyikan Form Komentar