Anak

HARUSKAH ADA PEMBATASAN TRANSAKSI JUAL BELI TERHADAP KONSUMEN ANAK-ANAK?

E-mail Cetak PDF

 

Tulisan ini terinspirasi dari pengalaman saya mengisi BBM di salah satu pom bensin di daerah Pondok Cabe. Ketika itu saya melihat ada seorang anak (mungkin sekitar usia 8 s.d 10 tahun) yang sedang mengendarai motor bersama temannya sedang mengantri untuk mengisi BBM.

Sebenarnya pemandangan seorang anak kecil yang mengendarai motor bukanlah suatu hal yang aneh lagi karena setiap harinya banyak kita lihat anak “dibawah umur” memacu kendaraan motor baik di lingkungan perumahannya ataupun di jalan raya. Namun baru kali ini saya melihat ada anak yang mengantri untuk mengisi BBM (mungkin hal ini sebenarnya juga sudah biasa terjadi namun baru kali ini saya memperhatikan lingkungan sekitar dan berfikir untuk menjadikan sebuah tulisan).


0 Komentar..
LAST_UPDATED2
Selanjutnya...

AJARKAN ANAK ANDA BERSYUKUR SEJAK KECIL (Bagian 2)

E-mail Cetak PDF

Pada tulisan sebelumnya (bagian 1), saya sudah menyampaikan beberapa hal yang harus di syukuri oleh Endry. Tulisan kali ini akan menampilkan beberapa hal lainnya yang bisa dijadikan bahan untuk Endry bersyukur dengan cara membandingkan kehidupannya dengan orang lain.

Beberapa orang mungkin akan mengatakan jangan terlalu membandingkan kehidupan kita dengan orang lain, namun menurut saya kalau itu bisa memotivasi (membandingkan diri dengan orang yang lebih atau diatas kita) dan bisa menumbuhkan rasa syukur (membandingkan diri dengan orang yang dibawah kita) kepada Tuhan mengapa tidak dilakukan?

Seperti telah disebutkan pada tulisan sebelumnya, ketika kita melihat orang dengan keterbatasan fisik dapat melakukan hal luar biasa, kenapa kita dengan kondisi fisik yang sempurna tidak? Seharusnya kita malu ketika kita yang memiliki fisik sehat namun masih sering mengeluh dan selalu merasa kekurangan, bahkan ada juga yang sampai menjadi pengemis...miris bukan?


0 Komentar..
LAST_UPDATED2
Selanjutnya...

AJARKAN ANAK ANDA BERSYUKUR SEJAK KECIL (Bagian 1)

E-mail Cetak PDF

Tidak terasa saat ini Endry sudah berusia 8 tahun lebih. Dengan segala kekurangan dan keterbatasan saya sebagai orang tua, banyak hal baik yang mungkin belum atau terlewat saya ajarkan kepadanya. Namun ada hal yang belakangan ini tengah gencar saya ajarkan kepadanya yaitu untuk senantiasa bersyukur atas segala nikmat yang sudah diberikan Tuhan hari ini, kemarin dan esok hari.

Metode yang saya gunakan ketika mengajarkan Endry bersyukur bukan dari membaca buku atau menerangkan ayat-ayat yang ada di dalam Al-Qur’an (karena saya sendiri juga kurang menguasainya) tetapi mengambil pengalaman orang lain melalui tayangan televisi (berita-berita tentang pengungsi akibat bencana alam atau perang dan tayangan inspiratif di acara Hitam Putih) maupun melihat lingkungan sekitar disepanjang jalan ketika bepergian.

Meskipun sepertinya sepele, namun ternyata bersyukur bukan hal yang mudah untuk dilakukan oleh anak seusia Endry bahkan oleh saya sendiri, sehingga saya harus senantiasa mengingatkan dan memberikan contoh nyata kepada Endry agar mau bersyukur. Dengan memberikan contoh atau teladan ketika kita mengajarkan anak, secara tidak langsung sebenarnya kita juga mengajarkan hal baik kepada diri sendiri karena bagaimana anak mau melakukan hal baik kalau kita tidak melakukannya.
0 Komentar..


Selanjutnya...

PENGALAMAN PERTAMA ENDRY BERPUASA

E-mail Cetak PDF

 

Sebelumnya (meskipun terlambat) saya mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankannya, mohon maaf apabila pada tulisan-tulisan sebelumnya ada kata-kata yang kurang berkenan bagi pembaca. Semoga amal ibadah kita di bulan Ramadhan tahun ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, aamiin...

Pada kesempatan kali ini saya ingin menceritakan pengalaman pertama Endry berpuasa. Saat ini Endry berumur 5 tahun 9 bulan, kami sepakat untuk mengajarkan Endry berpuasa namun tanpa paksaan, dalam artian semampunya saja. Tidak banyak yang dapat kami katakan kepada Endry, kami hanya bilang mulai besok Endry harus bangun pagi-pagi sekitar jam 3 untuk makan sahur, setelah itu Endry tidak boleh lagi makan dan minum.

Beruntung hari pertama puasa tahun ini jatuh pada hari Sabtu bertepatan dengan libur kantor sehingga kami bisa mendampingi Endry berpuasa. Meskipun sebenarnya kurang tepat namun setelah kami selesai sahur dan menjalankan shalat Subuh, kami pun tidur lagi...mumpung hari ini tidak bekerja. Endry bangun sekitar jam 9 pagi kemudian langsung mandi, setelah itu bermain dengan teman-temannya sampai jam 12 siang.


0 Komentar..
LAST_UPDATED2
Selanjutnya...

MENGAPA HARUS MENDAFTAR SEKOLAH DARI SEKARANG?

E-mail Cetak PDF

Saat ini, anak saya Endry sudah berumur 5 tahun 6 bulan. Seperti sudah saya ceritakan sebelumnya, Endry sudah sekolah di Bimba AIUEO dan rencananya bulan Juni/Juli tahun ini akan saya masukkan ke Taman Kanak-kanak atau TK. Kebetulan di dekat rumah saya ada TK, meskipun tidak terlalu besar dan “tidak punya nama” alias tidak elite namun bagi saya yang penting sekolahnya dekat rumah toh baru TK ini hehehehe buat apa membayar mahal untuk sekolah TK.

Tahun ajaran baru biasanya dimulai pada bulan Juni atau Juli dan saya berfikir nanti saja sekitar bulan Mei saya akan mendaftarkan Endry ke TK. Namun, sudah beberapa minggu ini ibu saya selalu menceritakan hal yang sama yaitu ada tetangga yang selalu menanyakan Endry akan sekolah di TK mana...dalam hati saya ngapain juga ini orang tanya-tanya, waktu anaknya sekolah juga saya tidak kepo dia mau menyekolahkan anaknya dimana. Ibu saya bilang dia merekomendasikan TK ditempat anaknya sekolah, katanya sih bagus. Lalu saya bilang ke ibu minta tolong dibawakan brosurnya supaya bisa saya baca-baca dahulu dan tahu persis tempatnya dimana namun tidak juga dibawakan dengan alasan lupa.


0 Komentar..
LAST_UPDATED2
Selanjutnya...

AJARKAN ANAK ANDA MERAPIHKAN BARANG SEJAK KECIL (Bagian 2)

E-mail Cetak PDF

Pada tulisan sebelumnya saya membahas tentang bagaimana mengajarkan Endry untuk membereskan mainannya, kali ini saya akan membahas bagaimana mengajarkan Endry untuk membereskan buku-buku dan peralatan sekolahnya. Kemarin sudah sedikit saya singgung kalau Endry sudah saya masukkan ke TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an) di mushalla perumahan saya dan juga “sekolah” di Bimba AIUEO. Otomatis Endry memiliki buku Iqra untuk belajar mengenal huruf hijaiyah dan juga buku tulis untuk menempel tugas-tugas dan pekerjaan rumah dari Bimba.

Namun, jauh sebelum itu, Endry sudah saya belikan buku-buku seperti buku bantal (aman untuk anak usia dibawah 1 tahun karena terbuat dari kain sehingga tidak mudah sobek dan bisa dicuci), buku-buku mengenal benda, hewan, huruf dan juga angka. Selain buku-buku tersebut, juga saya siapkan alat tulis seperti pensil dan juga spidol, stabilo ataupun pensil warna supaya Endry belajar mengenal warna. Nah untuk menghindari dinding dari coret-coretan Endry maka saya juga menyiapkan buku gambar sehingga Alhamdulillah sampai saat ini dinding rumah bebas dari coretan hehehehe seperti sudah saya ceritakan sebelumnya, ibu saya perfeksionis sehingga tembok tidak boleh kotor oleh coretan. Meskipun tidak boleh dicoret, namun ibu tidak melarang saya menempelkan semacam stiker yang khusus ditempel di dinding berbentuk macam-macam hewan, kendaraan dan juga huruf. Selain sebagai penghias dinding, stiker tersebut bisa kita gunakan juga untuk mengajarkan anak mengenal huruf.

Kembali lagi pada masalah buku, sama halnya dengan mainan yang harus dibereskan, saya juga meminta Endry untuk membereskan buku-bukunya setelah dibaca atau digunakan. Untuk itu saya menyiapkan tempat untuk meletakkan atau menyimpan bukunya seperti lemari khusus untuk menyusun buku. Sebisa mungkin susunlah buku dengan posisi berdiri agar judul buku mudah dilihat sehingga memudahkan kita atau anak untuk mengambilnya. Buku-buku juga dapat dikelompokkan berdasarkan jenisnya, bisa juga disusun berdasarkan buku dengan ukuran besar sampai kecil ataupun buku dengan ukuran tebal hingga tipis.


0 Komentar..
LAST_UPDATED2
Selanjutnya...

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL