MEMPERSIAPKAN BIAYA LIBURAN

E-mail Cetak PDF

Selamat datang di musim liburan. Ya, Juni dan Juli adalah momen liburan bagi banyak orang Indonesia. Bicara liburan, tentu saja kita kita harus bicara biaya. Yang menarik, banyak orang setelah pulang liburan justru mengeluh akibat banyaknya pos pengeluaran mendadak selama berlibur. Karena itu, tidak ada salahnya kita harus tahu apa saja pos-pos biaya yang harus dipersiapkan. Dengan mengetahui pos-pos ini, mudah-mudahan anda bisa mempersiapkan biaya liburan jauh hari sebelumnya, sehingga tidak ada lagi cerita pengeluaran membengkak karena banyaknya pos yang tidak terduga.

TRANSPORTASI

Selalu pantau periode peak season dan low season dari tiap tempat yang hendak dituju. Juni dan Juli umumnya tergolong peak season bagi banyak tempat, sehingga harga-harga pastilah lebih mahal. Tapi jangan lupa, kadang-kadang kita masih bisa mengakalinya dengan, misalnya, menggunakan kartu kredit tertentu yang akan memberikan diskon jika digunakan untuk membeli tiket. Jadilah anggota grup-grup yang menawarkan keuntungan. Garuda Indonesia misalnya, memiliki Garuda Frequent Flyer (GFF) yang akan memberikan poin untuk tiap penerbangan anda, yang jika sudah mencapai jumlah tertentu, bisa digunakan untuk mendapatkan tiket gratis. Lumayan kan?

AKOMODASI

Jika anda menginap di hotel, dan anda membawa keluarga, mungkin anda harus membayar untuk dua kamar. Pertama untuk anda dan pasangan, kedua untuk anak-anak. Nah, yang membuat pengeluaran membengkak adalah biaya kelipatannya, yaitu berapa malam anda menginap di situ. Tipsnya, mungkin anda bisa memesan lewat internet atau agen, karena mereka biasanya bisa memberikan harga yang lebih murah.

Kalau lewat internet, pastikan pesan jauh hari, karena biasanya semakin mepet hari pemesanan anda, harga cenderung lebih mahal.

MAKAN DAN MINUM

Sebelum berangkat, selalu rencanakan tempat-tempat makan yang akan anda datangi di kota tujuan. Berapa jumlah anggota rombongan dan restoran apa yang mereka sukai. Ada orang yang setiap kali ke luar negeri hanya mau makan di restoran Indonesia. Saran saya, cobalah makanan khas di tempat tujuan. Tidak apa-apa keluar uang lebih banyak, yang penting anda tahu makanan khasnya. Dan lagi, inti dari liburan adalah mendapatkan pengalaman yang betul-betul berbeda, termasuk dalam hal makanan.

OBYEK WISATA

Tarif obyek-obyek wisata di Indonesia umumnya relatif terjangkau. Tapi di negara lain, Singapura misalnya, untuk memasuki museum atau Universal Studios kadang kita harus mengeluarkan uang yang lebih banyak. Apalagi Disneyland Hongkong. Hitunglah semua pengeluaran untuk obyek wisata sebelum anda bepergian.

OLEH-OLEH

Ada barang-barang wajib yang selalu ampuh untuk dijadikan oleh-oleh ke kota mana pun anda pergi, yaitu kaos dan gantungan kunci. Tentunya yang bergambar atau bermotif kota tujuan. Kalau anda tahu tempat penjualan oleh-oleh yang murah, maka anda bisa mendapatkan kaos dan gantungan kunci dalam jumlah banyak dengan harga lebih hemat. Perhitungkan juga hal ini sebelum bepergian.

Mudah-mudahan dengan mengetahui kelima pos tadi, anda bisa lebih baik dalam merencanakan liburan bersama keluarga. Selamat liburan!


Sumber bacaan :

The Magazine of Garuda Indonesia, edisi Juni 2011

Oleh Safir Senduk

www.perencanakeuangan .com

Komentar

Tampilkan/Sembunyikan Form Komentar