Kesehatan

Mari Kita Sukseskan Program SMSbunda Untuk Menekan Angka Kematian Ibu Dan Bayi Baru Lahir

E-mail Cetak PDF

Menikah dan memiliki keluarga merupakan impian setiap manusia dan setiap orang yang menikah pasti mendambakan kehadiran seorang anak yang sehat, cerdas, kreatif, baik dan soleh/sholehah. Untuk mendapatkan anak yang sesuai dambaan kita bukanlah pekerjaan yang mudah karena selain makanan yang kita asup, perilaku kita dalam mendidik akan berpengaruh terhadap perkembangan buah hati kita.

Berbicara mengenai makanan atau nutrisi yang diasup tidak hanya menjadi tanggung jawab si calon ibu saja tetapi juga ditentukan oleh makanan atau nutrisi yang diasup oleh si calon ayah karena seperti kita tahu, manusia terbentuk dari pertemuan sel telur perempuan dan sperma laki-laki sehingga kesehatan keduanya merupakan hal utama yang harus dipersiapkan sebelum memutuskan untuk memiliki anak. Untuk itu, setiap calon orang tua harus mengubah gaya hidup tidak sehat sebelum menikah dengan gaya hidup yang sehat seperti makan makanan bergizi seimbang serta rajin berolahraga dan minum air putih minimal 2 liter perhari. Bagi para calon ayah dan bunda yang gemar merokok atau minuman keras maka bulatkan tekad untuk berhenti merokok dan miras demi si buah hati.

Selain mengkonsumsi makanan bergizi, ada baiknya sebelum menikah kita melakukan pemeriksaan TORCH (Toxoplasma, Rubella, CMV & HSV). Pemeriksaan ini bertujuan untuk mendeteksi dini penyakit-penyakit tersebut sehingga apabila salah satu pasangan mengidap salah satu penyakit tersebut dapat segera mendapatkan penanganan dari dokter. Namun pada umumnya calon pengantin enggan melakukan pemeriksaan ini, selain biayanya yang mahal, tidak mengetahui tentang pemeriksaan ini, ada juga yang takut apabila melakukan pemeriksaan ini ternyata terdeteksi mengidap salah satu penyakit sehingga pasangan kita membatalkan rencana pernikahan. Padahal dampak yang dapat timbul apabila kita tidak mengetahui penyakit ini dapat membahayakan janin atau bayi dalam kandungan sehingga lebih baik mencegah daripada menyesal di kemudian hari. Pemeriksaan TORCH juga penting dilakukan pada trisemester I masa kehamilan.

Saat ini informasi mengenai hal-hal yang perlu dilakukan dan dipersiapkan oleh calon ayah dan bunda baik sebelum dan selama kehamilan serta setelah melahirkan sangatlah mudah. Selain melakukan konsultasi dengan dokter dan bidan, kita bisa mendapatkan informasi melalui media cetak seperti buku, koran dan majalah, serta melalui media elektronik seperti televisi, radio dan internet. Namun, untuk media internet kita harus bisa memilih dan memilah mana informasi yang benar maupun menyesatkan karena tidak semua tulisan yang ada di internet dapat dipercaya, adakalanya tulisan tersebut merupakan opini penulis dan berupa mitos.


0 Komentar..
LAST_UPDATED2
Selanjutnya...

Anti-Salmonella typhi IgM untuk Deteksi dan Penanganan Demam Tifoid lebih cepat dan akurat

E-mail Cetak PDF

Saat ini cuaca sering berubah-ubah dengan cepat, pagi hingga siang hari matahari bersinar sangat terik namun saat menjelang sore tiba-tiba hujan deras turun mengguyur bumi. Pada saat cuaca tidak menentu seperti itu akan berpengaruh pada kesehatan fisik kita. Penyakit seperti demam disertai flu biasanya sangat mudah menghampiri kita apabila kita tidak menjaga kondisi kesehatan badan.

Pada Jum’at malam tanggal 17 Juni yang lalu, tiba-tiba Endry mengalami demam dengan suhu sekitar 390 C padahal pada sore hari ketika saya dan suami tiba di rumah, Endry tidak menunjukkan tanda-tanda akan mengalami sakit. Endry masih ngoceh bercerita segala hal yang dia alami hari itu. Karena panas tinggi, kami berdua akhirnya harus begadang untuk menjaga suhu badan Endry tidak naik lebih tinggi lagi karena hal itu bisa saja menyebabkan kejang-kejang.

Sabtu pagi kami ke dokter spesialis anak. Menurut dokter tidak ada radang, namun sepertinya Endry terkena alergi karena disertai bentol-bentol seperti “biduran”. Setelah di beri obat alergi, dokter bilang biasanya bentol-bentolnya akan hilang dan otomatis panasnya akan turun. Namun ternyata, pada Sabtu malam Endry masih mengalami panas tinggi (dan kami harus begadang lagi). Karena khawatir Endry terkena demam berdarah (ada tetangga yang sudah terjangkit DBD), akhirnya minggu pagi kami ke dokter lagi namun ke dokter umum untuk cek darah. Nah pada saat menunggu hasil cek darah, saya membaca-baca brosur yang ada disana. Alhamdulillah hasil tes darah tidak menunjukkan tanda-tanda demam berdarah atau penyakit lainnya, namun oleh dokter umum tersebut Endry “terpaksa” di beri antibiotik (kemarin oleh dokter spesialis anak langganan saya tidak diberi antibiotik karena beliau sebisa mungkin tidak memberikan antibiotik pada anak-anak).


0 Komentar..
LAST_UPDATED2
Selanjutnya...

PERSIAPKAN DIRI ANDA SEBELUM, SELAMA DAN SETELAH MASA KEHAMILAN

E-mail Cetak PDF

Menikah dan memiliki keluarga merupakan impian setiap manusia dan setiap orang yang menikah pasti mendambakan kehadiran seorang anak yang sehat, cerdas, kreatif, baik dan soleh/sholehah. Untuk mendapatkan anak yang sesuai dambaan kita bukanlah pekerjaan yang mudah karena selain makanan yang kita asup, perilaku kita dalam mendidik akan berpengaruh terhadap perkembangan buah hati kita.

Berbicara mengenai makanan atau nutrisi yang diasup tidak hanya menjadi tanggung jawab si calon ibu saja tetapi juga ditentukan oleh makanan atau nutrisi yang diasup oleh si calon ayah karena seperti kita tahu, manusia terbentuk dari pertemuan sel telur perempuan dan sperma laki-laki sehingga kesehatan keduanya merupakan hal utama yang harus dipersiapkan sebelum memutuskan untuk memiliki anak. Untuk itu, setiap calon orang tua harus mengubah gaya hidup tidak sehat sebelum menikah dengan gaya hidup yang sehat seperti makan makanan bergizi seimbang serta rajin berolahraga dan minum air putih minimal 2 liter perhari. Bagi para calon ayah/ibu yang gemar merokok/minuman keras maka bulatkan tekad untuk berhenti merokok/miras demi si buah hati.


7 Komentar..
LAST_UPDATED2
Selanjutnya...

PENTINGNYA INISISASI MENYUSUI DINI (IMD)

E-mail Cetak PDF

Saat lahir, bayi yang menangis, aktif dan tampak merah tidak memerlukan pertolongan apapun kecuali dikeringkan (bukan dibersihkan), diikat tali pusatnya dan segera diletakkan di atas dada ibunya. Biarkan ia berada di atas dada ibu hingga 1 (satu) jam (diselimuti dan diberi topi). Proses tersebut merupakan Inisiasi Menyusui Dini (IMD).

Setelah sekitar 30 menit berlangsung, bayi mulai mencari puting susu ibunya (merangkak, mengangkat kepala, menjilati tangan dan dada ibunya). Jika ia berhasil menemukan puting susu ibunya sebelum satu jam, biarkan ia tetap berada di atas dada ibu karena yang terpenting dari proses inisiasi menyusui dini adalah sentuhan kulit bayi dengan kulit ibu.

IMD dapat dilakukan pada persalinan normal maupun persalinan bedah caesar. Obat bius lokal yang digunakan pada bedah caesar tidak berpengaruh terhadap proses IMD. Menyusu dalam 1 jam pertama menyelamatkan 22% bayi dan menyusu pada hari pertama menyelamatkan 16% bayi sehingga semakin awal pemberian ASI semakin kecil resiko kematian bayi.


1 Komentar..
LAST_UPDATED2
Selanjutnya...

PENYAKIT MATA KERING (DRY EYES)

E-mail Cetak PDF

 

Permukaan mata kita dilapisi oleh 3 (tiga) lapisan air mata yaitu lapisan lipid, akuos dan musin. Ketiganya membentuk lapisan air mata yang stabil diantara kedipan mata. Lapisan air mata yang stabil ini membuat mata terasa nyaman dan penglihatan jelas.

Ketidak stabilan lapisan ini akan membuat bercak kering di permukaan mata yang menyebabkan sensasi kering, terasa seperti berpasir dan kadang-kadang penglihatan menjadi kabur.

PENYEBAB MATA KERING

Kualitas air mata yang kurang baik.

Lapisan air mata terdiri dari tiga lapis, yaitu lapisan minyak lipid, air/akuos dan musin. Apabila terjadi masalah di salah satu lapisan tersebut akan menyebabkan gejala mata kering.


3 Komentar..
LAST_UPDATED2
Selanjutnya...

PENTINGNYA PEMERIKSAAN TORCH BAGI IBU HAMIL

E-mail Cetak PDF

Bayi sehat yang lahir tanpa cacat merupakan dambaan setiap ibu. Kelainan atau kecacatan pada bayi ini dapat disebabkan oleh infeksi parasit atau virus yang terjadi pada masa kehamilan. Penyebabnya antara lain parasit Toxoplasma gondii, virus Rubella, virus Cytomegalo dan virus Herpes Simplex yang disingkat TORCH.

Bagaimana kita mengetahui adanya TORCH?

Cara mengetahui infeksi TORCH adalah mendeteksi adanya antibodi dalam darah, yaitu dengan pemeriksaan :

a. Anti-Toxoplasma IgM dan Anti-Toxoplasma IgG (untuk mendeteksi infeksi parasit Toxoplasma)

b. Anti-Rubella IgM dan Anti-Rubella IgG (untuk mendeteksi infeksi virus Rubella)

c. Anti-CMV IgM dan Anti-CMV IgG (untuk mendeteksi infeksi virus Cytomegalo)

d. Anti-HSV 1 & 2 IgM dan Anti-HSV 1 & 2 IgG (untuk mendeteksi infeksi virus Herpes Simplex)
7 Komentar..


Selanjutnya...

DETEKSI DINI KANKER LEHER RAHIM

E-mail Cetak PDF

“Dengan menemukan Kanker Leher Rahim lebih awal (stadium dini) kemudian ditangani dengan cepat dan tepat maka kanker dapat disembuhkan dengan sempurna”

Kanker leher rahim adalah jenis kanker yang paling banyak ditemukan pada wanita di Indonesia (diantara jenis kanker lainnya), dan banyak menyebabkan kematian karena terlambat dideteksi dan diobati. Leher rahim adalah bagian bawah rahim yang menonjol kedalam liang senggama (vagina). Disinilah sering terjadi kanker.

Kanker leher rahim pada stadium dini sering tidak menunjukkan gejala atau tanda-tanda yang khas. Boleh jadi tidak ada gejala sama sekali atau dapat juga keluar keputihan, sampai pendarahan sesudah senggama. Kanker leher rahim yang telah lanjut sering menunjukkan gejala seperti pendarahan sesudah senggama; keluar keputihan atau cairan encer pada vagina; pendarahan sesudah mati haid (menopause); pada tahap lanjut dapat keluar cairan kekuning-kuningan berbau dan dapat bercampur dengan darah.
3 Komentar..

LAST_UPDATED2
Selanjutnya...

KEBIASAAN SADARI (PERIKSA PAYUDARA SENDIRI) MENYELAMATKAN NYAWA PEREMPUAN

E-mail Cetak PDF

Kanker payudara adalah kanker yang berasal dari kelenjar, saluran dan jaringan penunjang payudara, tidak termasuk kulit payudara. Kanker payudara merupakan jenis nomor 2 (dua) terbanyak pada wanita Indonesia. Dengan deteksi dini dan hidup sehat, kanker payudara dapat disembuhkan.

Petunjuk untuk Periksa Payudara Sendiri (SADARI)

Yayasan Kanker Indonesia (YKI) memberikan petunjuk kepada anda tentang cara-cara sederhana untuk menemukan kelainan di payudara sedini mungkin untuk mencegah terjadinya kanker payudara dengan cara SADARI.

Pertama, perhatikan dengan teliti payudara anda di muka cermin tanpa berpakaian, dengan kedua lengan lurus ke bawah. Perhatikan bila ada benjolan atau perubahan bentuk pada payudara. Amati dengan teliti, sebab anda sendirilah yang lebih mengenal tubuh anda. Angkatlah kedua lengan lurus ke atas dan ulangi pemeriksaan seperti yang di atas.
0 Komentar..

LAST_UPDATED2
Selanjutnya...

PENTINGNYA RETINA DALAM PROSES PENGLIHATAN

E-mail Cetak PDF

Retina adalah selaput halus yang melapisi bagian dalam mata belakang. Retina merupakan syaraf yang bersambung dengan otak melalui syaraf kedua atau syaraf optik. Apa yang kita lihat disekitar kita, dihantarkan melalui retina ke otak sehingga kita dapat melihat dan mengerti apa yang di lihat. Jadi retina sangat penting fungsinya dalam proses penglihatan.

Apakah retina perlu diperiksa?

Berbagai cara dan teknik dapat digunakan untuk pemeriksaan retina, yaitu : pemeriksaan dengan Oftamoskop; pemeriksaan dengan Slit Lamp atau lampu celah dengan bantuan lensa khusus; pemeriksaan Fundus Fluoreisein Angiografi (FFA) dengan membuat foto dari bagian belakang mata/dimana sebelumnya disuntikkan suatu zat warna fluoresein; dan pemeriksaan lain seperti tes kemampuan melihat warna, pemeriksaan lapang penglihatan, tes membedakan tingkat cahaya dan lain-lain.

Penyakit apa yang dapat mengenai retina?

Berbagai penyakit dapat mengenai retina antara lain penyakit kencing manis, tekanan darah tinggi, kelainan darah dan kemunduran karena usia lanjut. Pada mata minus tinggi, retina dapat lepas dari dasarnya karena retina berlubang atau robek akibat retina tipis.

Penyakit retina bisa menyebabkan penurunan tajam penglihatan bahkan dapat sampai menyebabkan kebutaan. Pemeriksaan dan pengobatan dapat memperbaiki atau paling tidak menghambat progressivitas berbagai kelainan retina.
12 Komentar..

LAST_UPDATED2
Selanjutnya...

PAP SMEAR : Salah Satu Cara Deteksi Kanker Leher Rahim

E-mail Cetak PDF

Pap Smear merupakan pemeriksaan untuk mendeteksi kanker leher rahim atau yang biasa dikenal dengan sebutan kanker serviks. Dasar dari pemeriksaan ini adalah untuk mempelajari sel-sel yang terlepas dari suatu permukaan tubuh, selaput lendir atau neoplasma. Pemeriksaan pap smear terutama ditujukan untuk deteksi kanker leher rahim, sedangkan untuk kanker pada alat kandungan lain harus ada pemeriksaan oleh dokter ahli kandungan dan pemeriksaan penunjang lainnya.

Cara pemeriksaan pap smear : pasien akan diperiksa dengan cara dimasukkan alat (spekulum) ke dalam vagina, kemudian akan diambil cairan vagina dengan menggunakan spatula kayu atau plastik.

Pemeriksaan pap smear ini sangat dianjurkan bagi setiap perempuan yang sudah menikah atau sudah melakukan senggama/hubungan badan karena pemeriksaan pap smear merupakan cara skrinning yang efektif untuk mendeteksi secara dini penyakit kanker leher rahim. Kanker leher rahim merupakan kanker yang paling umum di derita oleh perempuan Indonesia, dan pada stadium dini sering tidak menunjukkan gejala-gejala atau tanda-tanda yang khas.


2 Komentar..
LAST_UPDATED2
Selanjutnya...

GLAUKOMA

E-mail Cetak PDF

Glaukoma adalah penyakit pada syaraf penglihatan yang menyebabkan luas pandangan menyempit dan dapat berakhir dengan kebutaan.

Penyakit ini dapat mengenai satu atau dua mata dan dapat terjadi pada segala umur, baik laki-laki atau perempuan. Di banyak negara termasuk Indonesia, glaukoma merupakan penyebab kebutaan nomor dua setelah katarak.

Penyebab penyakit ini multi faktor. Tekanan bola mata yang meninggi merupakan faktor utama dan paling sering disebabkan oleh hambatan pengeluaran cairan bola mata (humour aquous).
8 Komentar..

LAST_UPDATED2
Selanjutnya...

KATARAK

E-mail Cetak PDF

Katarak adalah suatu kondisi dimana lensa yang terletak didalam mata berubah menjadi keruh, hal ini akan menghalangi masuknya cahaya ke dalam bola mata sehingga mengakibatkan penglihatan terganggu.

Katarak tidak perlu menimbulkan ketakutan dan kegelisahan. Secara normal merupakan bagian dari proses ketuaan yang merubah gambaran fisik dari lensa. Katarak biasanya dijumpai pada orangtua, tetapi dapat juga terjadi segera setelah kelahiran. Katarak juga dapat dihubungkan dengan penyakit tertentu misalnya diabetes atau pasca trauma.
0 Komentar..

LAST_UPDATED2
Selanjutnya...

Beberapa Kelainan Pada Mata : Mata Juling, Buta Warna, ARMD

E-mail Cetak PDF

Kelainan MataMata merupakan salah satu panca indera yang penting bagi manusia. Dengan mata, kita dapat melihat indahnya dunia yang penuh warna serta berbagai bentuk yang unik. Mata yang sempurna adalah dambaan setiap orang, hanya saja hal tersebut tidak selalu dimiliki setiap orang. Berikut ini akan disampaikan beberapa kelainan pada mata :

1. STRABISMUS (MATA JULING)

Strabismus atau mata juling adalah keadaan kedudukan kedua bola mata dimana sumbu penglihatannya tidak sejajar. Bila satu mata melihat kearah benda yang menjadi pusat perhatiannya maka mata satunya menyimpang kearah lain. Arah penyimpangan tersebut ada yang kearah hidung, kearah pelipis, kearah atas atau kearah bawah bahkan ada yang berputar.


8 Komentar..
LAST_UPDATED2
Selanjutnya...

Tingkatkan Kewaspadaan Kita Terhadap Penyakit Kaki Gajah (Filariasis)

E-mail Cetak PDF

Filariasis

Pada tahun 2009 yang lalu, Pemerintah Kota Depok melakukan pengobatan massal penyakit kaki gajah yaitu dengan membagikan obat gratis berupa DEC (Dietilkarbamasin/diethylcarbamazine), Albendazole dan parasetamol yang jumlahnya ditentukan berdasarkan usia. Pengobatan tersebut ditujukan bagi seluruh masyarakat yang bertempat tinggal di wilayah Kota Depok tanpa terkecuali. Sebagai warga yang bertempat tinggal di wilayah Kota Depok, saya dan keluarga pun tidak luput dari program pengobatan tersebut. Kami mendapatkan obat yang benar-benar diberikan secara gratis.

Selain pengobatan massal, Dinas Kesehatan Kota Depok juga membagikan brosur yang berisikan anjuran agar masyarakat waspada terhadap penyakit kaki gajah ini. Di dalam brosur yang dibagikan tersebut dijelaskan mengenai segala hal yang berkaitan dengan penyakit kaki gajah bahkan di dalam brosur tersebut dicanangkan bahwa ‘mulai tahun 2008 sampai 2012 seluruh warga Depok (usia > 2 tahun - < 65 tahun) minum obat filariasis secara serentak’. Hal tersebut memunculkan pertanyaan mengapa Pemerintah Kota Depok begitu memperhatikan penyakit ini sehingga masyarakat harus minum obat filariasis secara serentak sehingga mendorong saya untuk mencari informasi lebih mendalam berkaitan dengan penyakit kaki gajah ini.

Penyakit Kaki Gajah (Filariasis atau Elephantiasis) masuk dalam kategori penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi cacing Filaria yang ditularkan oleh 23 spesies nyamuk dari genus Anopheles, Mansonia, Aedes & Armigeres, baik yang berada di lingkungan rumah, tanaman air, saluran air, hutan (bakau), rawa-rawa dan juga sawah sehingga Filariasis dapat menular dengan sangat cepat. Nyamuk yang menghisap darah (yang terinfeksi dan mengandung larva mikrofilaria) dari orang yang telah terjangkit penyakit tersebut akan menularkan pada orang lain apabila nyamuk yang terinfeksi menggigit atau menghisap darah orang yang masih sehat tersebut.


3 Komentar..
LAST_UPDATED2
Selanjutnya...

TOXOPLASMOSIS

E-mail Cetak PDF

Penyebab : Toxoplasma gondii. Habitat T. Gondii: anjing, kucing, tikus, burung, ayam, kerbau, sapi , babi, domba atau kambing. Penyakit ini dapat ditularkan kepada manusia. Manusia dapat terkena infeksi jika menelan ookista yang mencemari makanan atau dengan cara lain.

Gejala : nyeri pada kelenjar limphe yang membesar, dapat disertai pneumonia, polimiositis dan miokarditis, serta limphafingitis. Jalannya penyakit akut atau menahun.

Cara penularan :

  1. Daging mentah / kurang matang (kista)
  2. Buah/ sayur mentah yg tidak dicuci bersih (ookista)
  3. Kontak dengan benda yang tercemar (ookista)
  4. Janin terinfeksi dari ibu (kista)

Hewan kucing merupakan tempat utama bagi kuman Toxo berkembang biak, sementara di tubuh hewan lain dan manusia hanya merupakan tempat perantara saja. Seekor kucing dapat menghasilkan 10 juta kuman Toxo setiap hari selama 2 minggu. Kuman ini dapat hidup lebih dari satu tahun di tanah atau tempat yang lembab, akan tetapi mudah mati jika disiram dengan air mendidih.

Penularan Toxoplasma


0 Komentar..
LAST_UPDATED2
Selanjutnya...

SIFILIS

E-mail Cetak PDF

Sifilis adalah penyakit menular seksual (PMS) yang bersifat kronis merupakan penyakit yang berbahaya karena dapat menyerang seluruh organ tubuh termasuk sistem peredaran darah, syaraf dan dapat ditularkan oleh ibu hamil kepada bayi yang dikandungnya, sehingga menyebabkan kelainan bawaan pada bayi tersebut. Sifilis sering dikenal sebagai Raja Singa.

Penyebab : Treponema pallidium

Klasifikasi :

  1. Lues primer: 9-10 hr stlh terinsfeksi gejala: luka tdk nyeri di penis, bibir kemaluan/ mulut rahim
  2. Lues sekunder: bbrp bln stlh tahap 1 gejala: kulit bercak kemerahan, tdk gatal, pembesaran kel getah bening, kutil
  3. Lues laten: tdk ada keluhan


1 Komentar..

LAST_UPDATED2
Selanjutnya...