HAL-HAL YANG PERLU DIPERSIAPKAN SEBELUM KE TEMPAT WISATA

E-mail Cetak PDF

Libur telah tiba...libur telah tiba...hore...hore...hore...

Memasuki liburan sekolah, sebagian besar orangtua pastinya sudah mempersiapkan segala sesuatunya untuk liburan sang buah hati tercinta. Libur panjang setiap kenaikan kelas pada bulan Juni-Juli dimanfaatkan sebagai saat tepat untuk berkumpul memaksimalkan waktu bersama seluruh anggota keluarga.

Beragam jadwal dan agenda tujuan wisata dipersiapkan secara matang, ke daerah mana yang akan dituju seolah sudah menjadi kegiatan wajib setiap tahunnya. Sebenarnya, mau kemana saja bisa anda lakukan, asalkan tetap disesuaikan dengan keadaan seperti kesiapan dana dan kondisi lokasi wisata mana yang akan didatangi, dengan tujuan agar nyaman serta aman.

Berikut beberapa tips bagaimana mempersiapkan diri dan barang bawaan jika berwisata berdasarkan lokasi tujuan :

Wisata Pantai

Wisata pantai sangat identik dengan dunia air dan cuaca sedikit panas disiang hari. Tapi ketika sudah menceburkan diri ke dalam air, pasti kesenangan semata yang dirasakan. Namun bagaimana dengan kulit sensitif anda, atau saat berkunjungnya tidak tepat waktunya, serta barang bawaan apa saja yang perlu dipersiapakan.

  • Pilihlah waktu yang tidak terlalu ramai didatangi wisatawan meskipun pada saat liburan panjang. Jika memungkinkan hindari hari Sabtu dan Minggu. Tentukan pantai mana yang akan dikunjungi, bisa memilih pantai yang jarang didatangi orang tapi pemandangan dan lingkungannya cukup indah dan terjaga.
  • Pakailah pakaian yang berwarna cerah, hal ini bertujuan untuk menghindari hawa panas dari cuaca pantai. Jangan lupa gunakan pelembab badan seperti sunscreen, kacamata hitam, sandal dan topi.
  • Untuk menghindari rasa bosan yang mungkin terjadi, anda bisa membawa walkman, CD Player atau Game Portable, karena bisa digunakan saat anda sedang berjemur.
  • Bagi anda yang belum lancar berenang, gunakan jaket pelampung guna menghindari terjadinya tenggelam dan yang terpenting adalah jangan berada jauh-jauh dari pantai.
  • Bawa minuman dingin, mainan seperti bola, layangan, peralatan membuat istana pasir sehingga anda dan buah hati dapat bermain bersama.
  • Di beberapa tempat wisata pantai disediakan fasilitas kegiatan seperti snorkeling, diving dan banana boat yang dapat dinikmati oleh seluruh anggota keluarga

Wisata Pegunungan

Wisata pegunungan tidak kalah menariknya dengan wisata pantai, tergantung bagaimana anda menikmati dan memanfaatkannya sebaik mungkin. Nilai plus yang bisa kita dapat didaerah dataran tinggi adalah udara segar yang dingin dan suasana alaminya.

  • Karena kondisi dingin di daerah pegunungan, ada baiknya gunakan jaket atau baju hangat beserta syal dan lainnya untuk menghalau rasa dingin.
  • Jangan lupa untuk dibawa selalu saat berada di daerah pegunungan, karena udaranya dingin : minuman hangat, pelembab wajah & bibir, minyak angin tubuh, obat-obatan dan lainnya sesuai kebutuhan.
  • Bagi warga Jakarta dan sekitarnya yang bosan ke daerah puncak Bogor dan Lembang Bandung, bisa memilih alternatif lain seperti Batu (Jawa Timur); Dieng (Jawa Tengah) atau keluar Jawa sekalian namun itu berarti membutuhkan budget yang lebih besar.

Wisata Udara

Wisata udara disini maksudnya bukan menggunakan pesawat terbang, tapi media lain yang bisa memberikan suasana berbeda saat anda sedang berlibur. Balon udara, paralayang, gantole dan lainnya merupakan salah satu alat yang bisa dinaiki ketika anda mencari suasana dan tantangan berbeda.

  • Bagi anda yang takut ketinggian, hindari kegiatan ini. Siapkan stamina dalam keadaan sehat, karena akan memerlukan ekstra tenaga yang kuat dan harus mengikuti standar dari operator wisata untuk bisa mengikutinya.
  • Karena wisata udara ini lebih mengutamakan keberanian dan stamina, jadi anda tidak perlu membawa banyak barang tapi seperlunya saja.
  • Pilihlah operator atau manajemen yang menjamin dari segi keamanan dan lainnya. Ada baiknya anda melakukan survey terlebih dahulu, mencari informasi dari keluarga atau teman yang sudah pernah menggunakan jasa operator tersebut. Biaya yang dikeluarkan biasanya juga tidak murah untuk wisata ini jadi mintalah untuk didampingi oleh orang yang sudah profesional.

Wisata Darat

Wisata darat atau rekreasi tidak di pantai dan dataran tinggi tergolong lebih aman. Karena keadaan dan suasana di lokasi bisa ditentukan dan lebih mudah tergantung situasi. Tapi harus tetap memperhatikan kondisi yang terjadi saat keberangkatan anda.

  • Tidak perlu membawa banyak barang, tapi fokuskan saja pada obat-obatan yang mungkin diperlukan nantinya. Karena jika salah satu anggota keluarga merasa sakit, obat tersedia tanpa harus bingung mencari atau membelinya.
  • Pilihlah lokasi yang tidak terlalu jauh jika memungkinkan, karena jarak jauh biasanya bisa mempengaruhi kondisi badan saat perjalanan. Serta arena wisata yang bisa dinikmati oleh seluruh anggota keluarga dan menjadi sarana untuk relaksasi.
  • Rencanakan kapan anda akan berangkat, karena terkadang lokasi wisata penuh sesak dengan pengunjung di waktu yang bersamaan. Tentukan tanggal dan hari yang mungkin tidak banyak didatangi orang. Jika terpaksa, majukan jam keberangkatan lebih awal.

Semoga bermanfaat dan selamat liburan bersama keluarga.

 

Artikel Terkait :

Tips memilih tempat wisata untuk si buah hati


Sumber bacaan :

Sriwijaya Air In-flight Magazine, Volume 3/Tahun I/Mei 2011

Komentar

avatar giganza
0
 
 
Sangat bagus sekali panduan-panduan liburannya. great blog!!!
B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Nama *
Email (tidak ditampilkan)
URL
Code   
ChronoComments by Joomla Professional Solutions
Kirim Komentar
Batal
Hello! I could have sworn I've been to this blog before but after browsing through some of the post I realized it's new
to me. Anyhow, I'm definitely happy I found it and I'll be
bookmarking and checking back often!
B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Nama *
Email (tidak ditampilkan)
URL
Code   
ChronoComments by Joomla Professional Solutions
Kirim Komentar
Batal
avatar adrian
0
 
 
nice post sob..saya blum tau jga mau wisata kemana..hehe..jgn lupa jaga komen balik di blogku ya
B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Nama *
Email (tidak ditampilkan)
URL
Code   
ChronoComments by Joomla Professional Solutions
Kirim Komentar
Batal
avatar rahman
0
 
 
Sangat membantu sobat,apalagi menjelang lebaran tip-tips seperti ini bisa menjadi masukan..untuk sobat yang sedang membutuhkan.
Nitip artikel sobat FREEDOM AND DISCIPLINEBagai mana kita bisa membedakan dan bisa menagement diri agar menjadi lebih baik.
Salam suksesok
B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Nama *
Email (tidak ditampilkan)
URL
Code   
ChronoComments by Joomla Professional Solutions
Kirim Komentar
Batal
avatar WongNdro
0
 
 
bentar lagi ni mudik akan segera tiba... bakal bayak yg ke tempat wisata...
nice info kawan :D
B
i
u
Quote
Code
List
List item
URL
Nama *
Email (tidak ditampilkan)
URL
Code   
ChronoComments by Joomla Professional Solutions
Kirim Komentar
Batal
Tampilkan/Sembunyikan Form Komentar